MERAWAT BURUNG PLECI DI MUSIM HUJAN

Dalam menyalurkan hobby anda dalam memelihara burung pleci  banyak tips yang dapat anda peroleh dari search google ataupun dari buku-buku peternakan dan majalah-majalah burung.

secara khusus di blog ini yaitu tipspleci  kami sudah banyak memposting  artikel-artikel  tentang burung pleci seperti :

hari ini untuk melengkapi artikel2 diatas kami akan share tentang :




Musim hujan biasanya akan menghalangi para pecinta burung untuk merawat dan melatih burung kesayangannya. Jika kendala ini tidak segera diatasi maka akan mempengaruhi penampilan burung.

Cara Memandikan Burung Saat Musim Hujan
Burung tidak perlu dipaksakan untuk mandi karena pada dasarnya burung punya insting untuk kebutuhan mandinya. Jika cuaca mendung atau hujan biasanya burung akan jarang mandi.Kalau di lihat di pagi hari kelihatan mendung tidak ada sinar matahari, lebih baik burung jangan di mandikan.

Penjemuran
Penjemuran sangat penting untuk memberikan stamina yang lebih pada burung. Saat musim hujan, sebaiknya waktu penjemuran diperpanjang karena suhu udara di musim hujan relatif lebih rendah.

Tempat penjemurannya juga perlu diperhatikan. Sebab jika burung kurang mendapat sinar matahari maka akan berpengaruh pada kesehatan burung. Walaupun waktunya singkat, harus dimanfaatkan untuk menjemur burung.

Yang penting tetap “mencuri-curi” jemur di pagi hari, atau sore hari sehabis hujan. Malam hari jangan lupa dikerodong. Atau, kalau burung dijadikan satu dalam satu ruangan, beri penerangan tambahan agar kondisi hangat. Kalau burung tampak loyo, segera periksa, siapa tahu sakit dan perlu pengobatan segera.

Penempatan Sangkar
Penempatan sangkar saat musim hujan harus diperhatikan dengan baik. Sangkar harus diletakkkan pada tempat yang kering dan lebih hangat daripada biasanya. Sangkar juga harus terhindar dari percikan hujan. Jika suhu udara sangat dingin usahan untuk memberi kerodong pada sangkar untuk menjaga agar burung tetap merasa hangat.

Ekstra Fooding
Hal yang tak kalah penting dalam menjaga ocehan burung agar tetap prima adalah dengan memberikan pakan yang berkualitas. Untuk meningkat performa burung dapat diberikan pakan tambahan dengan jumlah sedikit lebih banyak dari biasanya, tergantung jenis burungnya. Pakan tambahan yang dapat diberkan antara lain jangkrik dan ulat hongkong. Tetapi pemberian pakan tambahan tersebut tidak boleh terlalu berlebihan karena akan berdampak kurang baik pada burung.

Kebersihan Sangkar
Kebersihan sangkar sangat penting untuk menjaga kesehatan burung. Usahakan untuk selalu membersihakan tempat pakan dan tempat minum burung setiap hari. Jaga pula sangkat agar tetap kering. Karena dalam cuaca yg lembab tsb, jamur maupun bakteri penyakit akan tumbuh subur, kalo perlu sangkar di cuci dengan desinfektan.

PEMBERIAN VITAMIN PADA BURUNG
Apabila di rasa cuaca tidak mendukung, beberapa hari hujan terus, dan burung tidak cukup memperoleh panas sinar matahari, boleh di berikan vitamin 2x seminggu dengan pemberian hari secara berurutan, misal hari kamis dan jumat.

Mengatasi Suara Serak
Saat musim hujan kadangkala burung menjadi serak suaranya, bahkan ada yang tidak berbunyi sama sekali. Untuk mengatasinya, dapat menggunakan air putih yang dicampur dengan sedikit garam. Larutan tersebut kemudian diberikan pada burung. Larutan ini sama halnya untuk mengurangi sakit tenggorokan pada manusia. Atau kalo mau mudah boleh pakai larutan penyegar buat manusia.


PERAWATAN UNTUK BURUNG PLECI DI MUSIM HUJAN.
Sebenarnya perawatan nya sama aja dengan perawatan burung lain di musim hujan, karena di musim hujan matahari muncul nya jarang, maka saat ada sinar matahari boleh langsung di jemur. Kalau saat pagi di lihat mendung, sebaiknya jangan di mandikan, karena pleci sangat suka mandi, kasih aja cepuk agak besar, kalau niat mandi pasti nyeburin diri.

Untuk menyiasati sinar matahari boleh di saat malam hari di beri penerangan yg terang, ada yang pake lampu yg besar besar, dalam segi makanan boleh di beri extra makanan yang LEBIH dari biasa nya, boleh di tambah UH lebih sedikt, maupun jangkrik dan kroto yang agak banyak, kalo perlu di air minum nya boleh pake air jahe + madu agar pleci merasa hangat ( sedikit aja ) , , pemberian vitamin bila diperlukan, untuk menambah kekebalan tubuh pleci, berikan 2x seminggu dengan pemberian pada hari yg ber urutan, misal kamis dan jumat., dan jangan lupa jaga kebersihan kandang dan kerodong pleci di malam hari.

1 komentar: