PERAWATAN PLECI MONTANUS DAN JENIS LAIN

Dalam menyalurkan hobby anda dalam memelihara burung pleci  banyak tips yang dapat anda peroleh dari search google ataupun dari buku-buku peternakan dan majalah-majalah burung.

secara khusus di blog ini yaitu tipspleci  kami sudah banyak memposting  artikel-artikel  tentang burung pleci seperti :


hari ini untuk melengkapi artikel2 diatas kami akan share tentang :
tipspleci
PERAWATAN PLECI MONTANUS DAN JENIS LAIN 


Pleci Montanus atau pleci gunung ini termasuk jenis yang paling populer di kalangan pecinta pleci. Selain dari volume suaranya yang lantang juga variasi lagu yang lebih banyak. 

pleci ini termasuk yang memiliki sub spesis terbanyak, ada sekitar 9 sub spesis dari jenis pleci ini termasuk yang tersebar di beberapa daerah di Kepulauan Jawa. Sebutan untuk pleci ini beragam di beberapa daerah . ada yang menyebut dengan nama pleci dada putih, pleci gunung, pleci super, pleci kapur dsb. 

Ciri utama dari pleci montanus adalah tubuh yang lebih besar dari pleci dada kuning. juga iris mata yang berwarna putih menjadi ciri khas dan menjadi daya tarik tersendiri dari pleci jenis ini. Perawatan pleci montanus ini sebenarnya sama saja dengan pleci jenis lainnya hanya pleci jenis ini sangat sulit untuk beradaptasi dan dibutuhkan waktu lama untuk dapat berkicau dengan membuka paruhnya. Pleci montanus termasuk pleci dengan nafsu makan yang besar sehingga pleci ini kerap mengalami kegemukan jika pola makan tidak diatur dengan baik. 

Rawatan harian pleci Montanus. 
  • Gantung rendah di tempat yang ramai agar pleci terbiasa dan cepat beradaptasi. 
  • Jemur rutin tiap hari selama 1/2 - 1 jam, 
  • Mandi rutin tiap hari pada pagi hari dan sore hari. 
  • Buah segar harus tersedia setiap harinya dan pemberiannya bisa di selang seling seperti: Pisang - Pepaya - Apel - Sawo - Pisang - Pepaya - Apel 
  • Berikan kroto segar 1 sendok makan setap pagi dan sore 
  • Berikan ulat hongkong pilih yang berwarna putih 2-3 ekor setiap pagi dan sore 
Untuk mengatasi pleci montanus dan juga jenis lainnya yang mengalami kegemukan:
  • Hentikan pemberian buah lainnya selain pepaya tiap harinya. 
  • Kurangi makanan berlemak seperti Ulat Hongkong dan Ulat kandang. 
  • Kroto dikurangi 
  • Selama tahapan ini jangan dulu memberikan voer maupun madu Ganti sangkar dengan ukuran yang besar dan jumlah tangkringan yang diperbanyak agar burung lebih banyak bergerak dan beraktifitas.

Membuat Pleci Buka Paruh dan berbunyi

Pelihara pleci lebih dari satu ekor dengan jenis yang sama!. ingat panggilan tiap jenis pleci itu berbeda-beda jadi tidak bakalan cocok jika memelihara pleci dada putih dengan pleci dada kuning, yang bagus adalah memelihara pleci dengan jenis / ras yang sama dengan demikian burung plecipun akan lebih cepat bersahut-sahutan dan lebih cepat juga buka paruh ( ngeplong ). OK, semoga tulisan ini bermanfaat bagi pleci mania indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar